Cegah Bencana, Polisi Pacitan Ajak Warga Tanam Pohon di Lahan Kritis | Polres Pacitan

Cegah Bencana, Polisi Pacitan Ajak Warga Tanam Pohon di Lahan Kritis

Pacitan – Musim hujan telah tiba. Sejumlah wilayah di Jatim siaga bencana. Tak terkecuali Kabupaten Pacitan yang dikenal rawan banjir dan longsor. Polisi di daerah berjuluk ‘Bumi 1001 Gua’ ini pun ikut bertindak proaktif. Yakni dengan menanam pohon di lahan kritis dengan Tema “Polri Peduli Penghijauan”.

Aksi tanam pohon bertajuk ‘Polri Peduli Penghijauan’ berlangsung di bukit Dusun Selare, Desa Sedeng. Titik tersebut sengaja dipilih karena fungsinya sebagai daerah tangkapan air. Terlebih sebagian besar lahannya berupa gugusan batu gamping dengan lapisan tanah di atasnya.

“Mari kita mulai dengan langkah kecil yaitu menanam pohon. Semakin gencar kegiatan reboisasi dilakukan, maka makin lestari pula alam dan lingkungan kita,” kata AKBP Didik Hariyanto SIK, Kapolres Pacitan di sela kegiatan, Jumat (10/1/2020) pagi.

Kapolres mengingatkan pentingnya menyikapi perubahan musim yang kini berlangsung. Hal itu ditandai curah hujan yang relatif tinggi. Bahkan, lanjut perwira kelahiran Bojonegoro ini, sejumlah daerah di Tanah Air sudah terkena langsung dampaknya. Tak hanya kerusakan prasarana, musibah juga menelan korban jiwa.

Upaya memperlakukan alam secera arif dan bijaksana, kata Didik, merupakan salah satu betuk pencegahan bencana secara dini. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menanami lahan-lahan kritis sekaligus menjaga tanaman yang sudah dewasa.

“Saya berharap budaya menanam ini menjadi kebiasaan setiap individu. Dengan begitu potensi bencana alam yang disebabkan air hujan seperti halnya banjir dan longsor dapat diminimalisir,” tandasnya sembari meletakkan bibit pohon Matoa pada lubang yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Danramil Kota, Kepala Dinas Pertanian, dan Kepala Dinas Kehutanan. Peserta penanaman juga terdiri dari Anggota Polres Pacitan, Bhayangkari, TNI, Saka Bhayangkara, dan puluhan pelajar di Pacitan. Total ada 1.750 batang pohon aneka jenis ditanam dalam kegiatan. (hr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 81 = 84